28 Jul 2012

Buat Tab Horizontal Blogger dg Fitur Laman/PagesClick here to get more tutorials!

Klik gambar agar anda bisa melihat screenshots dalam ukuran yang lebih besar!Horizontal Tabs Menu atau Tab Navigasi Horizontal Blogger merupakan sebuah daftar menu yang terletak di bawah header blog atau di atas halaman posting. Tabs ini memuat link atau hyperlink yang dapat berisi daftar posting di halaman statis dan alamat blog/web lain. Dengan memanfaatkan fitur "Laman" atau "Pages", sebuah tabs horizontal dapat dibuat tanpa perlu menambah kode css baru. Blogger telah menyediakan semua kebutuhan kode berkaitan dengan terbentuk dan berfungsinya tabs/navigasi horizontal ini. Anda bisa langsung membuatnya melalui halaman "Dasbor/Dasboard" - "Laman/Pages", kemudian memasukkan "Nama dan Link" untuk "tabs dengan alamat blog/web lain" dan "membuat posting beserta judulnya" saat ingin menampilkan "judul posting halaman statis" di tabs horizontal. Agar lebih jelas silahkan klik gambar di atas dan ikuti tutorialnya.

Cara membuat tabs horizontal/navigasi horizontal di bawah header/di atas posting


  1. Login ke BloggerKlik untuk login ke Blogger
  2. Dasbor/Dasboard
  3. Laman/Pages
  4. Perhatikan pada selector Laman baru (New page)
    • Pilih Laman kosong (Blank page)
      Laman kosong berfungsi ntuk membuat posting di halaman statis. Judul posting/post title dari posting ini nantinya akan ditampilkan sebagai link di horizontal tab menu. Posting bisa berupa berbagai hal yang berkaitan dengan blog atau bukan. Anda bisa juga mengisinya dengan "tentang anda dalam bentuk yang lebih detail" atau "hal-hal lain penunjang posting". Cara membuat posting di halaman statis tak berbeda dengan posting yang biasa dilakukan.
    • Pilih Alamat web (Web Address)
      Digunakan jika anda ingin menampilkan web/blog lain di horizontal tab menu. Tuliskan nama dan alamat blog/web. Anda bisa juga mengisinya dengan alamat sebuah posting, misalnya!
      Contoh :
      Nama/judul/title : gubhugreyot
      Alamat web/web address : http://gubhugreyot.blogspot.com
  5. Setelah anda buat posting di halaman statis dan/atau membuat menu bagi alamat web, perhatikan pada selector Tampilkan laman sebagai (Show pages as)
    pilih » Tab atas (Top tabs)
  6. Simpan setelan (Save arrangement)
  7. Buka blog dan lihat tab menu horizontal baru anda di atas halaman posting/di bawah header blog.

Semoga Bermanfaat!

1 comment:

  1. Blog e jarang di update piye to kang ? jek sibuk nggolek sego pow ? hehehehe just kidding !

    ReplyDelete